Loading.....

Kasat Binmas, Kapolsek, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas Polresta Balikpapan Ikuti Pengarahan Tim Korbinmas Baharkam Polri

Tribratanewsbalikpapan.com, BALIKPAPAN - Kasat Binmas bersama para Kapolsek, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Balikpapan hadiri dan ikuti kegiatan tatap muka dan curhat bersama Tim Korbinmas Baharkam Polri di Rupatama Polda Kaltim, Selasa (7/3/2023).

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh para Kasat Binmas, Kapolsek, Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Samarinda dan Polres Penajam Paser Utara.

Dalam arahannya, Kabag Binopslev Korbinmas Baharkam Polri, KBP Bharata Indrayana menyebut bahwa Peran Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat kini tak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai bukti, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Bhabinkamtibmas, terus meningkat. 

Lanjut Bharata, saat ini Binmas merupakan core business Polri. Itu tercermin dari pemilihan personel yang memiliki kecakapan, prestasi dan track record mumpuni selama bertugas di kepolisian.

“Artinya jangan sampai ada lagi pandangan kalau di Bhabinkamtibmas ini personel buangan. Tidak, sekarang pimpinan sudah memberi perhatian lebih. Bahkan, Bhabinkamtibmas kini menjadi batu loncatan untuk prestasi yang lebih tinggi,” kata Bharata.

Pada kesempatan tersebut, Bharata juga memberi pesan kepada personel Bhabinkamtibmas agar selalu hadir di tengah masyarakat.

Tak hanya itu, Bharata juga memuji peran dan inovasi sejumlah personel Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat. Baik dalam upaya peningkatan kesejahteraan maupun penangkalan gangguan di tengah masyarakat.

“Kami juga ingin mendengar masukan dan saran dari personel di lapangan. Sehingga akan jadi masukan bagi kami di Mabes Polri,” jelas dia.

Sementara itu ditempat waktu sama, Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Tatar Nugroho menambahkan, saat ini sudah ada pergeseran paradigma. Di mana, kini Bhabinkamtibmas punya peran dalam penangkalan.

“Artinya jauh sebelum potensi itu muncul sudah ditangkal. Ini sesuai dengan tugas pre entif yang diemban,” kata Tatar.

Lanjutnya, peran Bhabinkamtibmas juga tak berhenti di penangkalan. Mereka kini dituntut berperan dalam rekayasa sosial di tengah masyarakat.

“Peran aktif Bhabinkamtibmas memang dibutuhkan sehingga masyarakat juga sejahtera. Kalau sejahtera potensi gangguan juga pasti semakin sedikit,” terang Tatar.

Direktur Binmas Polda Kaltim, KBP Anggie Yulianto yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan personelnya siap hadir dan melayani masyarakat. Namun, Anggie menyebut dalam menjalankan tugasnya Bhabinkamtibmas tetap membutuhkan dukungan dari kelurahan dan Babinsa.

“Tiga pilar ini harus bersinergi dan berkolaborasi agar lebih optimal. Jadi memang tetap perlu dukungan anggaran dari pemerintah yang dialokasikan ke kepala desa atau lurah,” jelas Anggie.

Tambah Anggie, dalam kegiatan pengarahan tersebut dihadiri 100-an personel Bhabinkamtibmas dari Polresta Balikpapan dan Samarinda serta Polres PPU beserta polsek jajaran.

“Polres dan polresta serta polsek jajaran yang lain mengikuti lewat zoom meeting. Ada 400-an personel yang mengikuti pengarahan tadi,” tutup Anggie.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama