Loading.....

Pria Asal Samarinda Curi Mobil Baru di Pelabuhan Semayang


BALIKPAPAN, Niatnya berangkat ke Jakarta untuk pergi bekerja melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan, pria berinisial M (40) malah diringkus oleh aparat dari Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan.


Pria asal Kota Samarinda itu bakal menjalani hari-harinya di balik jeruji besi setelah kedapatan melakukan aksi pencurian mobil baru di kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan pada 8 Maret 2023 lalu.


Kapolsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan Kompol Komang Adi Andhika menjelaskan, aksi pencurian itu bermula saat pelaku datang dari Kota Samarinda dan berniat berangkat ke Jakarta untuk bekerja melalui Pelabuhan Semayang.


“Ketika berada di kawasan pelabuhan, pelaku melihat sejumlah mobil baru dengan kunci masih menempel. Mobil-mobil itu dikirim dari Jakarta dan baru saja diturunkan dari kapal,” kata Kompol Komang saat pers rilis, Kamis kemarin (4/5).


Karena ada kesempatan, tanpa pikir panjang pelaku langsung membawa kabur satu unit kendaraan tersebut.


“Baru diketahui saat pengecekan kembali kendaraan, didapati satu unit telah hilang. Setelah cek melalui CCTV, terlihat unit yang hilang tersebut dibawa pelaku keluar dari kawasan Pelabuhan Semayang,” ungkapnya.


Kejadian pencurian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang. Berbekal laporan itu, jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang melakukan penyelidikan.


Diperoleh informasi jika pelaku membawa kendaraan tersebut ke daerah Banjar melalui Km 38.


“Rencananya mau mencari pembeli di sana, tapi karena tak laku pelaku membawa kembali menuju Samarinda,” tuturnya.


Di Samarinda pelaku membuat plat palsu.


Namun karena keberadaannya telah terdeteksi, aparat kepolisian bergerak cepat melakukan penangkapan.


“Kami amankan pelaku di Samarinda setelah kurang lebih 10 hari menguasai kendaraan. Dalam penangkapan ini kami berkoordinasi dengan Jatanras Polda dan Reskrim Samarinda,” ucapnya.


Usai diamankan, pelaku dan barang bukti mobil curiannya dibawa ke Mako Polsek Kawasan Pelabuhan Semayang Balikpapan untuk proses hukum lebih lanjut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama